Objek Wisata Pantai Lembah Putri Pangandaran

Pantai Lembah Putri Pangandaran ini tepatnya berada di Dusun Lembah Putri, Desa Putra Pinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Posisi lembah putri dekat dengan Pantai Karang Nini yang sebelumnya pernah kami informasikan juga sebelumnya. Pantai Lembah Putri berhadapan dengan Samudra Hindia, tepatnya berada di Pulau Jawa bagian selatan. Pengunjung bisa melihat bentangan pantai dan pemandangan yang luas dan indah yang akan terlihat jelas dari pendopo yang terdapat di puncak paling atas bukit lembah putri. Dan jika ingin beranjak kesana harus menaiki tanjakan dan sejumlah tangga. Melelahkan memang, tapi sesampainya di pucak sana rasa lelah Anda akan terobati dengan berbagai hal yang akan anda rasakan di puncak sana.


Selain udara yang sejuk, pemandangan yang indah berupa hemparan laut. Andapun bisa melihat beberapa wilayah lain dari sana, diantaranya pantai pangandaran, dan juga sebagian dari pulau Nusakambangan. Tahu kan Nusakambangan? Ya, sebagian tahu, sebagian lagi tidak. Paling itulah jawabannya... hehe. Selain bisa melihat berbagai pemandangan, pengunjung juga bisa keliling di seputar bukit lembah putri. Di sebelah barat ada Sungai Ciputra Pinggan. Dan selain itu disana juga ada salah satu Goa yang konon katanya memiliki cerita mistis, iya memang... Namanya Goa Ronggeng.

Ronggeng adalah salah satu kesenian dari Jawa Barat yang didalamnya terdiri atas adanya group gamelan dan sinden atau "Juru kawih", dan beberapa penari ronggengnya. Nah konon katanya ada sebagian orang yang mengaku pernah mendengar suara gamelan ronggeng di tempat itu. Seperti yang pernah di bahas juga oleh rohiman.com dalam salah satu artikel Ada Goa Mistis dan Tembok China di Pantai Lembah Putri bahwa menurut kepercayaan adat setempat dulunya wilayah Desa Putra Pinggan ada salah satu kerajaan yang berhubungan dengan kisah Dewi Rengganis. Dia kerap kali menjalankan kesenian ronggeng gunung kesenian asli daerah Pangandaran.

Tembok China Versi Lembah Putri - Pangandaran
Selain cerita mistis tersebut di atas, disana terdapat juga miniatur tembok cina versi Lembah Putri. tembok yang banyak dikatakan sebagian orang mirip tembok cina itu terbuat dari batu alam yang berwarna hitam, atau orang sana menyebutnya "batu item". Dalam menyelesaikan perjalanan di tembok ini baiknya jangan terlalu di fokuskan, maksudnya supaya rasa cape yang mungkin akan anda rasakan tidak terlalu berasa. Kalau anda kesana bersama beberapa teman mungkin bisa sambil becanda, dan ngobrol-ngobrol saja.

Mengenai jarak tempuh, dari Pantai Pangandaran sendiri memiliki jarak tempuh sekitar 3 kilo meter. Jika naik kendaraan sekitar 15 menit kurang lebihnya. Adapun transfortasi yang bisa di pakai untuk bisa sampai menuju kesana diantaranya yaitu bus umum. Rutenya, bagi Anda yang dari arah Jakarta - Bandung - Tasikmalaya - Ciamis - Banjar - Sampailah di Putra Pinggan. Bagi Anda yang dari arah Cirebon langsunglah menuju ke Ciamis, kemudian menuju Banjar - dan sampai lah di Putra Pinggan Pangandaran.

Akses untuk sampai di Objek Wisata Pantai Lembah Putri ini sangat mudah sebenarnya, karena pintu masuknya pun ada di pnggir jalan utama. Anda pun tidak akan kesulitan untuk sampai disana karena banyak sekali angkutan umum yang menuju ke sana, umumnya ke Pangandaran. Terlebih jika anda menggunakan kendaraan pribadi, tentu lebih gampang. Bagi anda yang merupakan pengunjung dari luar kota, dan mungkin ingin berwisata agak lama disana, jangan khawatir karena disana sudah terdapat cottage. Baik, itulah sedikit bahasan mengenai Pantai lembah Putri. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi langsung kesana. Selamat berlibur di Objek wisata Pantai Lembah Putri.